FENOMENA DUKUN CILIK PONARI JOMBANG, POTRET DUNIA KESEHATAN MAYORITAS RAKYAT (MISKIN), MAKIN TIDAK TERLAYANI OLEH APARAT MEDIS

Dunia kesehatan (medis) makin maju & canggih, baik sarananya maupun juga orangnya. Tidak hanya meningkat kwalitasnya tapi juga kwantitasnya. Makin maju ilmunya, makin banyak juga tenaga medis yang spesialis atau bergelar profesor. Tapi sayangnya makin banyak juga jenis penyakit yang diderita, baik  oleh “rakyat berada” maupun “rakyat miskin jelata” mayoritas di Indonesia.

Pasien "berada" & sarana medis yang canggih

Kemajuan & kecanggihan dunia medis tidaklah murah. Makin canggih sarana, makin mahal untuk beli & pemakaiannya. Makin pintar tenaga medis,  makin lama masa kuliahnya & makin besar dana keluar untuk biaya. Dan tentunya untuk mendapatkan jasa layanannya, makin mahal “tarif” yang dibebankan kepada pasien untuk segera sembuh.

Mahalnya “tarif medis” bagi pasien “rakyat berada” mungkin tidak masalah, tapi bagi pasien “rakyat miskin jelata” yang mayoritas di Indonesia sangatlah berat. Dalam benak mereka apabila kena sakit berat atau kecelakaan sampai masuk rumah sakit berarti “bencana”. Sudah merasakan sakit, juga kena “vonis” jutaan rupiah, pilih tetap sakit, atau sembuh dengan vonis jutaan rupiah. Terutama di kota besar, saat masuk rumah sakit (operasi atau tidak) “ditodong” harus bayar dulu separo uang muka biaya sebagai jaminan, itupun kalau benar-benar sembuh. Maka jangan harap bila sakit, tanpa duit, bisa masuk rumah sakit.

Tehnik medis "batu celup" Ponari

Karena mahalnya “tarif” medis, maka bagi kalangan rakyat menengah kebawah khususnya rakyat miskin yang mayoritas, dicarilah jalan “alternatif” untuk sembuh. Alternatif orangnya, alternatif ilmunya, alternatif obatnya, terutama alternatif  “biayanya“. Maka begitu ada info “si A” bisa sembuhkan berbagai penyakit, berbondonglah para pasien untuk antri kesembuhan. Termasuk begitu dengar Mohammad Ponari sang dukun tiban cilik berusia 10 tahun asal Dsn. Kedungsari, Ds. Balongsari, Kec. Megaluh, Jombang yang “isunya” segala penyakit bisa sembuh dengan “tarif” seikhlasnya.

Puluhan ribu "pasien" Ponari antri sembuh

Masya Alloh, puluhan ribu rakyat miskin “sakit” antri disana untuk beroleh kesembuhan, hanya dengan meminum air yang dicelupi “batu ajaibnya” Ponari. Mereka tidak peduli masuk akal atau tidak, yang penting yakin sakitnya sembuh. Dalam kondisi sakit mereka berdesakan & harus antri berjam-jam & justru jatuh korban 4 orang meninggal. Sungguh potret gambaran betapa kesehatan rakyat mayoritas miskin kita “makin sengsara”. Hanya dari “satu titik” di daerah Jombang saja. Belum di titik-titik yang lain di daerah-daerah dari Sabang sampai Merauke. Hidup sehari-hari saja sudah “sengsara” ditambah sakit (parah) jadi “makin sengsara”.

Andai saja paramedis kita/dokter yang punya ilmu & sarana yang maju, meski telah keluar biaya besar, sudilah berbesar hati & bijak untuk tidak selalu menjadi “manusia kaya” & cukuplah jadi “manusia sederhana & berhati mulia” dengan mengurangi “tarif medis” bahkan “diskon besar” bagi pasien rakyat mayoritas miskin kita, niscaya potret “makin sengsaranya” rakyat mayoritas miskin kita jadi terkurangi.

Sebenarnya pemerintah telah berupaya menguranginya dengan program kesehatan gratis akhir-akhir ini, yaitu Askeskin, & rakyat antusias menyambutnya. Hanya saja dalam pelaksanaannya menurut info media cetak & TV terjadi indikasi praktik korupsi oleh kalangan rumah sakit dalam bentuk penggelembungan biaya (mark up) pada laporan tagihan ke PT Askes.

Akibatnya, tahun berikutnya dana kesehatan untuk rakyat miskin dibatasi & ujung-ujungnya merekalah yang jadi korban. Padahal pasien dari kalangan rakyat mayoritas miskin makin terus bertambah. Akhirnya mereka menempuh cara “alternatif” seperti menyerbu “tuah batu ajaib” dukun cilik Ponari Jombang diatas. Sungguh kasihan wahai para pasien rakyat mayoritas miskin kita, hidup “makin sengsara” ditengah kemajuan dunia medis & prasarananya.

About these ads

67 Balasan ke FENOMENA DUKUN CILIK PONARI JOMBANG, POTRET DUNIA KESEHATAN MAYORITAS RAKYAT (MISKIN), MAKIN TIDAK TERLAYANI OLEH APARAT MEDIS

  1. Purwonoto mengatakan:

    Teh celup juga uenak… apalagi “batu celup” ala Ponari….

  2. LCD TV mengatakan:

    Ri… Ponari, panitia kamu suruh bikin tandon air saja yang gede trus celupin batumu ke tandon, nah trus alirkan air dari tandon ke kran-kran gitu ri, enak kamu gak capek dan dapat terus sekolah dan main…

  3. hmcahyo mengatakan:

    Ya benar2 pemerintah telah abaikan terhadap kepentingan warganya dan harusnya malu dengan kejadian ini.

  4. d132a mengatakan:

    Dengan kejadian ini harusnya kita berpikir, ternyata kemiskinan telah membuat orang lari dari Agama. Masih memikirkan duniawi semata, padahal penyakit juga merupakan anugerah, supaya kita berpikir dan mengambil hikmah serta mengakui KebesaranNya.

  5. eka ob bpp mengatakan:

    Batunya ditaruh di laut aje kaleee….bayangin aje…seluruh dunia bakalan sehat luar dalam…dokter seluruh dunia kagak bakal laku…bener gak bro…….!!

  6. Yayan91C mengatakan:

    Copy aza batunya, suruh bawa pulang…….

  7. fori mengatakan:

    1. Masalahnya batunya kalo gak dipegang ponari jadi gak ampuh, trus airnya harus dipegang oleh sisakit kalo gak bingung ini penawar sakit apa? mintanya kanker yang tersalur penawar panu,… repot!
    2. Batunya waktu dapet (watu gledek) itu aksesnya fulversion atau tryal? makanya masyarakat berbondong-bondong datang kalo terlambat ntar out of date. karna untuk update-nya harus kesamber gledek lagi mau lagi kagak tuh ponari?

  8. yahyarohyana mengatakan:

    Dasar gila kabeh………. diputar, dijilat, terus di celupin lalu diminum sembuh deh…….

  9. nurrahman18 mengatakan:

    Kenapa ga ada caleg ato anggota dewan yg mau turun langsung ikut menangani masalah ini di lapangan yah? pa dinas kesehatan bikin posyandu murah ma berobat gratis gt…..

    salam kenal, by nurrahman

  10. yoga mengatakan:

    Wah setju tuh sma yg usul kalo btux diclpn di laut ajah :)
    khn bsa diminum cpa saja dimana saja, g perlu ngantri cuy kekeke

  11. viannyvugo mengatakan:

    para dokter,,nyadar dunk…
    g tergerak nuraninya apa?
    bwt kegiatan amal gtu..
    bantu2 ponari..
    hehehehhe

  12. mudha mengatakan:

    Dapatkan Update PCMAV 1.93 Build 2 (NEW) di Blognya anak “MUDHA”.

  13. tonosa mengatakan:

    He..he..
    Dokter mana ada yang mau ngasih obat gratis tiap hari buat ribuan orang gitu..???

  14. Must Go mengatakan:

    Untuk yang “Sang Besar” Ponari harus dibawa aparat !
    Semoga tidak benar banyak pasien dan warga sekitar yang menggerutu ee katanya Ponari lagi ada perlu untuk orang-orang besar harus dibawa.
    Padahal pasen udah terlanjur beli karcis Rp50 ribu – 75 ribu (memang sekarang udah banyak yang pinter karcis Rp2.000 dijual 50 – 75 ribu @@@@@@ tapi yang pinter jadi bodo masak gedeg dinding rumah ponari diambil dijadikan abu, air peceren ponari juga diambil untuk bobok ???????

  15. Must Go mengatakan:

    Untuk Caleg yang punya rasa iklas !
    Tolong Pasien PONARI dibelikan air minum isi ulang mungkin sehari cukupi 2 Truk Tangki (Rp350rb. /tangki), biar mudah pelayanan dan Ponari tidak payah Cukup memasukkan tangan Ponari yang pegang batu ke Tangki. Pasen berdiri di tepi jalan Mobil tangki yang jalan seperti waktu nyiram taman kota.
    Untuk yang lain tolonglah hargai kepercayaan masing-masing, tapi berilah solusi yang baik!

  16. razaini mengatakan:

    Sedih sekali bila kita dengar berita atau pernyataan masyarakat bahwa batu petir yang ada pada Ponari bisa menyembuhkan segala macam penyakit,
    Sadar atau tidak sadar, mereka yang mengira batu yang
    mampu mengobati mereka dan meyakini hal-hal semacam ini sudah jelas rusak Aqidahnya dan lebih kepada syirik yang ALLAH SWT tidak akan ampuni sampai dia benar-benar melakukan taubat.
    Perumpamaan seperti ini sudah pernah digambarkan dan diingatkan oleh Rasulullah SAW,jangan hanya karna cobaan hidup (sakit,lapar dan takut)lantas kita berpaling dari mengingat ALLAH SWT.
    mari kita ingatkan saudara 2x kita itu kembali, jangan pernah mendatangi atau mempercayai dukun baik cilik, gede atau tua.
    wassalam.

  17. zai mengatakan:

    kagak bisa ngomong decch gue!

  18. rezim mengatakan:

    Biar ga’ ada yg berdesak2an demi hal yg tidak masuk AKAL…..

    kencingi aja batunya…..

    Gitu aja koq repot.

  19. Gaba Z mengatakan:

    Ya, mungkin karena obatnya harga selangit kalli. Tetapi memang begitulah potret rakyat kita bahkan para pejabat, politikuspun hobi ke dukun…

  20. yum_yum mengatakan:

    Duit kesehatan gratis rakyat miskin dipake buat beli windows OS origin… he he he he he… jadi gitu dech..

  21. Ayik mengatakan:

    Kalo penyakitnya muka jelek… bisa sembuh ngga’ yah ??? setuju ma ide batu ditaroh laut ajah… biar seluruh dunia jd sehat.. ha ha ha ha… pemikiran kreatif tuh mas..

  22. maskaryo mengatakan:

    Ha ha ha ha…
    Ide bagus tuh ma yang diatas…
    batunya suruh celupan ke kolam, trus biar orang orang nyilem ke dalam kolam semua…
    atau, batunya dibawa ke sungai, trus orang orang b | e | g | o itu disuruh mengambil air di seluruh alian sungai itu, kan beres ???
    hahahahahahah……….

    [tapi kalo gitu kan gak ada seninya].

  23. william x1a2 mengatakan:

    iq q opo????

  24. diazhandsome mengatakan:

    mending kamu dateng aja ke PDAM aja, ponari… trus celupin batumu ke air” di sana… kan masyarakat di Indonesia jadi gak sakit lagi… iya tho??
    biar bisa sekolah lagi… ntar pinter… iya gak??

    salam kenal… main balik juga boleh… http://diazhandsome.wordpress.com

  25. Veekee mengatakan:

    Ya gt deh. Potret yg buram abis. Gimana bung yg diatas sana, poro decisionmaker!??

  26. arif mengatakan:

    hahaha…ternyata ilmu kedokteran yang menelorkan dokter-dokter yang biayanya butuh karungan itu kalah dengan sebuah batu.

    Para dokter mesti mikir yang lebih dalam donk, demi kemanusiaan dan kesembuhan jual mahal-mahal pasang tarif.

  27. dewanto mengatakan:

    wah, ini benar-benar potret buram abis para dokter. Sekolah dokter biayanya sudah mahal, eh..ternyata cuma kalah dengan batu nya ponari. Instropeksi buat dokter kali ya. Bayangkan saja, seandainya saja ada 1000 ponari, maka dokter-dokter semakin tak laku dan tak bisa kaya raya.

  28. ponari mengatakan:

    he reeek………arek-arek!!

    aku Ponari, rek
    ngomong opo ae ko-en ??

    dolen nang omah ta….
    tak suguhi watu celup….hmmm nyam nyam cegluk cegluk…

  29. Vonari mengatakan:

    aku dulure Ponari,

    Sopo kate nguyuhi watune Ponari ?

    Kesamber bledhek….lak jongorrr..!!

    Jangan keburu nuduh yg gak gak dunk. Yang sesatlah, musyriklah, bodolah…..(sok tahu, sok intelek, sok ALIM !)

    Belajar dunk fisika kuantum, ada apa sih batunya dulurku Ponari ? itu ‘kan analog ama struktur air hexagonal yg ngetop karena ‘tuah’-nya itu ?

    Tesis (dugaan) harus diuji dulu donk, baru menarik kesimpulan (inference), terus komentar.

    Apa batu dulurku Ponari ada ‘isi’nya ?
    Uji, uji, dan uji…..

    Jangan menuduh ketidaklaziman dengan kacamata penghakiman yang tak kalah irrasionalnya. Tak kalah sesat dan syiriknya !!

    Awas,…kesamber bledhek……………

  30. Fernando mengatakan:

    lagi nungguin petir nehhh,biar bisa kaya pocari,,eeeh ponari..

  31. fuad mengatakan:

    batu ponari itu kayaknya musti diduplicate duluw, yg banyak sekalian,.. jadi bs dipake banyak orang :D

  32. sibodong mengatakan:

    ri ri ponari, siapa kemari pasti tak jamoni,
    ri ri ponari, siapa yang lari pasti dia ngiri
    ri ri ponari, siapa takut……
    entar lu pada nyesel kalo gak ketemu ponari
    lu aja gak bisa ngumpulin orang sebanyak ponari kecil
    makanya jangan suudzan dulu, buktikan dulu kalo mau heppi.. he… he … he …
    maksud dia baek, tapi itu tu…. yang bikin banyak masalah, orang sekelilingnya, anak kecil nggak mikir macem-macem…. iya gak….!

  33. aliet mengatakan:

    Kata para pakar sih itu “cuma” sugesti yang kuat..(hipnotis).. yah kalo ngerti gitu para dokter kenapa nggak belajar sugesti atau hinotis saja, dan buktikan pasiennya sembuh.. yang lumpuh bisa jalan, yang stroke bisa gesit lagi… kenapa? takut rugi..

  34. BATU PONARI mengatakan:

    jangan ribut tok………..masalah PONARI……….. dia khan anak kecil niatnya tulus pingin nyembuhin rakyat miskin yg kagak punya uang tuk berobat ke dokter, napa mesti harus pake ribut ngurusin orang lain, apalagi anak kecil……………sadar donk kalo naik haji, trus cium batu hitam di ka’abah tuh buat opo…….. kalo emang ga berarti napa hrs jauh2 ke Makkah yach hanya sekedar cium batu,……..sadar bro ……….. ntar kalo batunya PONARI dah sakti seperti di Makkah khan gampang tinggal dateng aje ke jombanga tuk cium batunya PONARI geto deh…..yach ga ????????????????????????????????????

  35. Waw mengatakan:

    Kasihan Ponari, skrg jadi diexploitasi oleh orang2 yg ingin meneguk uang sebyk-byknya. Justru skrg Ponari lah yg butuh bantuan…

  36. uwin mengatakan:

    Ponari Gitu Lhoo….

    Yang sakti itu ponari nya ato batu nyaa…. atau kedua nya harus di gabung kan baru menjadi kekuatan yg bisa menyembuhkan.
    Ngomongin fisika quantum bisa jadi batu atau ponari nya memang menyimpang energi yg bisa menyembuhkan, bth penelitian!!
    Atau sekedar kebodohan masyarakat kita yg memang suka banget dengan hal hal mistis dan menyakini nya dengan kuat dan menimbulkan energi yg kuat pada diri penderita untuk sembuh ketika meminum air batu ponari.
    Yaaa masih banyak masyrakat kita yg sudah putus asa dengan kondisi pelayanan dan kesempatan memperoleh hak pelayanan kesehatan.

    Yang penting saat ini selamatkan ponari kecil dari ekspoitasi…. atas ketidak pastian apakah batu plus ponari nya punya energi menyembuhkan atau hanya karena kebodohan masyarakat kita yang memang sudah kondang seantero dunia.

    anak seusia ponari punya hak dan dunia anak anak nya, siapa yg bisa menjamin kekuatan ponari dan batu nya akan bertahan sampai minggu ke depan, bulan depan, tahun depan, 10 tahun kedepan? saat usia ponari sudah bertambah dewasa dan sudah kehilangan masa anak anak nya. Parah nya otak nya sudah terlanjur teracuni dengan apa yg semua pernah dia alami saat menjadi dukun tiban cilik paling TOP dan layak masuk muri.

    Ponari Gitu Lho….

  37. rays mengatakan:

    mending dicelupin ke perusahaan air minum daerah
    biar rakyat indonesia tidak sakit jiwa lagi!!!!???
    ok!! hidup ponari…..

  38. paulus mengatakan:

    Hebat banget ponari….Tuhan Yesus aja nyembuhin bebrp orang aja udah jadi Tuhan…jgn jgn ponari kedatangan kedua Tuhan kedunia….ayo sembah dia….

  39. Treante mengatakan:

    Ponari…
    gimana kabar terakhirnya ya?

  40. surya permana mengatakan:

    Sumpah gw ngefans Ponari……boleh minta ttd’nya G’ ya ???? buat anak gw yg cita-citanya jadi Ponari…..

  41. syamsul bachri khoiurudin mengatakan:

    Gw sebagai atlet sepak bola. … kayaknya butuh … air “peceren” dari ponari… sebagai doping, .. biar gw bisa NGEJOOZZZ…. n bikin gol lagi.., buat Ponari,.. you are my hero..

  42. marhadi widayat mengatakan:

    Ya, kalau lagi belum ada aktifitas yg menarik perhatian di negara ini spt pemilu dll tentu ada hal yg dihebohkan contoh “judul dukun cilik”
    seperti ponari, semakin dilarang semakin orang tambah pengin tahu & semakin banyak orang sejenak jadi bodoh shg yg bodoh+banyak serta jadi makin percaya pada batu.

    Watu gledek apa ya ada la kok jadi percaya ama batu, jaman wis modern sik percoyo sama wangsit/batu kalau pangsit ya enak + bakso.

    Ya, kita tggu dan lihat potret masyarakat kita kan hak berobat hak mempunyai pendapat.

    hehe kabeh bingung.

  43. brodin mengatakan:

    Gue salut banget sama PONARI… karena betul-betul pro rakyat miskin. Perjuangan ponari membela rakyat dan kaum marginal perlu diteruskan.

    Berobat ke dokter mahal banget, nggak level untuk rakyat Indonesia. Ongkos pegang-pegang dari dokter saja sudah mahal. Sekali pegang saja Rp 50.000 – Rp 100.000. Ntar dokternya kasih catatan resep trus disuruh tambah bayar ongkos resep, belum lagi obat medis yang harganya selangit.

    Sungguh ini potret buram dunia dokter. Apa karena biaya sekolah dokter yang super SUPERRR mahal ya…. sehingga dunia dokter sekarang hanya dihuni dan dipelajari oleh kaum kaya yang punya brankas saja. Uang sumbangan masuk sekolah dokter saja kabarnya bisa menjulang, puluhan hingga ratusan juta rupiah.

    Enak ke ponari deh, karena nggak pakai pasang tarif-tarif segala. Seribu perak, sudah boleh berobat ke ponari.

    Salut Ponari, perlu diteruskan…

  44. Fenomena ini terjadi karena tingkat pendidikan dan kesejahteraan sebagian besar rakyat Negeri ini yang sangat rendah. Ditambah lagi biaya pengobatan medis yang sangat mahal.

  45. munjani mengatakan:

    Hmmm.. “luar biasa”
    Sebenarnya ada apa dengan masyarakat kita? itu sekilas pertanyaan waktu berita di TV tentang fenomena Ponari.
    Melihat dan membaca artikel di atas dan segala komentar yang ada sebenarnya bukan masalah kemiskinan dan mahalnya berobat di rumah sakit saja yang menjadikan hal/fenomena tersebut bisa terjadi.
    Ponari hanyalah satu objek saja dari sekian objek-objek yang ada di indonesia ini yang menjadi seperti itu.
    Yang menjadi pertanyaan kenapa itu terjadi?kenapa yang datang begitu banyaknya sampai berbondong-bondong, dan mereka tidak hanya dari masyarakat miskin yang kaya pun ikutan nimbrung.
    Kalau saya melihat masyarakat kita itu sekarang ini banyak yang hanya mementingkan diri sendiri, baik itu masyarakat menengah, masyarakat miskin dan lebih-lebih masyarakat atas, dan yang lebih tragis lagi masyarakat indonesia ini rata-rata ingin hidup enak tapi tidak mau bekerja keras, walaupun banyak juga yang sudah sukses karena ulet bekerja.
    Intinya saya kasihan sama Ponari, masa-masa kekanakannya hilang karena egoisme orangtua dan masyarakat yang ingin berobat, katanya.
    Biarkan Ponari berkembang, biarkan Ponari meneruskan bangku sekolahnya, kasihan dia, masih kecil.
    Apa jadinya masyarakat kita nanti kalau semua masih seperti itu, mau dibawa kemana bangsa Indonesia ini kalau putra-putri bangsanya sudah diseperti itukan..
    Hmmm…kasihan kau Ponari, hanya sebagai alat..

  46. dewietavia mengatakan:

    Saya menilai dari sudut pandang masyarakat yang berbondong2 ke tempat ponari tsb, disebabkan adanya keinginan besar masyarakat untuk sembuh dr suatu penyakit dengan brbiaya murah…Namun, cara mereka itu salah..sangat tidak logis cara pengobatan demikian..
    Bayangkan saja, hanya melalui media air yang dicelupkan batu dapat menyembuhkan penyakit..??? menurut ilmu kesehatan, air yang tidak dimasak, dimunum langsung oleh masyarakat itu cukup berbahaya ..karena walaupun sudah sejernih apapun air yg trsbut, kt blom bs memastikan apakah ada kandungan e. coli atu tdk..jika ada kandungan e.coli dlm air trsbut, maka akan dpt mperparah lagi penyakit yg ada,.bukannya sembuh, tp malahan akan bertambah penyakit baru..misalnya gangguan pada sistem pencernaan (diare,dll. apalagi dengan celupan batu ponari, sungguh tdk higienis cara pengobatan demikian..Jadi, seharusnya masyarakt dpt menilai cara pengobatan alternatif dmikian masuk akal/ tdk..Jangan hanya ikut2an aja..mgkin saja yg berobat ksana sembuh hanya kebetulan saja. Benar jg dg pendapat pak Munjani, kasian sm Ponari, si bocah cilik yg tdk tau apa2 hrs melayani msyrkat yg sgt byk,.

  47. mekasoul mengatakan:

    Itulah indonesia….
    Yang kayak gini nggak bakalan ada deh ditempat lain.

  48. mardianbalikpapan mengatakan:

    inilah salah satu dari tanda akhir zaman dan juga bakalan tanda bahwa imam mahdi(pemimpin islam di akhir zaman), Nabi ISA As (meluruskan agama nasrani dan memperkokoh agama islam), Dajjal (musuh islam, yang bakalan diperangi imam mahdi dan akan di bunuh oleh nabi ISA,,,, tapi sebelumnya dia akan membuat semua orang menganggap dia tuhan dan itu akan terjadi fitnah yang amat kejam yang pernah terjadi di muka bumi ini),,,,,,,fenomena ponari ini adalah gambaran kecil tentang bagaimana umat di akhir zaman ( pagi dia beriman lalu malamnya dia kafir begitu sebaliknya)))))……waspadalah…jagalah iman kalian …WASSALLAM

  49. ucays anak the patch mengatakan:

    ”PONARI””Awas jangan ampe ilang batu sakti””””’waspadalah org jahat disekitar km yg ingin memiliki batu Entuh,,,,,,,,,,,,,,

  50. Amix Fuady mengatakan:

    kalo tak pikir2, gak ada bedanya antara mempercayai “batu ampuh” nya ponari dan “obat ampuh” dari dokter, gak ada bedanya juga antara mereka yang datang ke tempat dokter dan datang ke tempat ponari, karena semuanya adalah makhluq bukan Kholiq, kalau mereka yang percaya dengan keampuhan “ponari dan batunya” dianggap kafir, lalu mereka yang percaya dengan “dokter dan obatnya” di anggap apa dong?… (Semuanya makhluq kan?..)
    Maka ingatlah wahai para Makhluq!!
    kita semua ini dho’if, hanya Allah yang Maha Mampu.
    kalau Allah mampu menyambuhkan makhluqNya melalui “dokter dan obatnya” Allah pun mampu menyembuhkan makhluqNya melalui “Ponari dan batunya”
    Walhasil, jangan percaya dengan dokter, obat, ponari, batu dll. tapi percayalah kepada Allah, Dokter, obat, ponari, batu dll hanyalah lantaran. Okey Bruu….
    Wassalam.

  51. Lutfi pekalongan mengatakan:

    ponari , q di tranper untuk ngilangin panu ku donk…karena saya meh ke jombang jauh….
    Ponari itu orang apa bukan ya?:d:d

  52. pras mengatakan:

    Dukun Ponari: Sebuah Perenungan Bagi Umat & Bangsa :
    analisis sejarah dan fakta :
    1. Indonesia memang tmpat org luar biasa, sapa tu Habibie, masa kecil Obama (kaloga mampir ke Indonesia kyknya ga bakalan sepinter itu,,,he2x, dan ponari yg ruar biasa.. (intermezo)
    2. Jombang, memang daerah istimewa (dlm sjrh Mojopahit yg merupakan kerajaan trbesar pra-RI. Mojokerto & Jombang adl satu wilayah istana kerajaan tsb), coba kita amati dr mana: Nur Kholis Madjid, Hasyim Asary – Wachid Hasyim- Gus Dur,cak Imin, EMHA Ainun Najib, “band Letto”, Khofifah, Ryan, dukun kecil “Ponari” dll sgudang org brpgaruh di RI lainnya dtg dr Jombang, dan pcayalah Jombang kan terus bpngaruh besar pd RI kdepan slamanya. (jgn kecil ati yg bukan Jombang)
    3. Bicara Penyakit: -. penyakit akan dtg & sembuh atas ijin Allah swt, ini adl Keimanan dasar Muslim-. penyakit itu sbg pnghapus dosa, (bahagialah kalian yg sakit) ini Hadits lho…-. semakin berat cobaan didunia makin tinggi peluang mendapat pahala (surga) dg syrt sabar dari: rasa skit, pts asa, bnuh diri & sbr dr tdk brbuat syirik) – Allah swt sgt adil hingga kebanyakan org yg diberi nikmat berada di Neraka krn kufur smentara org yg diberi kekurangan (byk cobaan) byk di Surga sbb sabar
    4. Tentang logika kesembuhan:- stuju pndapt “byar_pet” diatas: pasien ponari byk sembuh oleh :* sugesti, “sugesti membawa manusia pd kpuasan diluar rasional” akhirnya dpt menyingkirkan rasa sakit lalu sembuh akibat pnasaran brtemu “si Ponari” * olah raga bikin badan sehat: berjubel, dsak-desakan, antrian, liat cewek-cowok kiri-kanan, senggol-senggolan dibawah terik mentari bikin badan sehat * mgkin juga ada “Jin” (mhluk trsembunyi-red) tingkat tinggi yg brsemayam di batu aneh itu, (kan batunya dr sambaran petir, petir tu kan panah api u/ melempar-mbakar setan yg mencuri kbr dr langit”) lalu jin yunior pd pasien Ponari akan lari ketakutan/segan pd jin senior pgikut Ponari lalu smbuhlah pasien Ponari”_nalar logis non-rasional.* Sbenarnya bkn hnya Ponari, byk org lain, ato dukun sbelum dan sesudahnya yg memiliki keistimewahan ato keanehan sperti itu * catatan: “lebih dari 50% penyakit disbbkan oleh gangguan Jin, khususnya penyakit linu-linu, (pengalaman-red)
    5 Tentang Syirik : Syirik adl istilah yg bermakna sgt jauh dlm Islam, lbh dr sekedar istilah gaul di kalangan anak muda, contoh:”syirik.. elu!” (ketika menyatakan ketidaksukaan pd seseorg yg disangka iri). syirik adl sgl perbuatan yg mensekutukan Allah SWT dg sesuatu yg lain dg arti & makna sbgmn Allah & Rasulnya memberi pengertian terhadap syirik itu sndiri-red kalo emang syirik menurut Allah dan rasulnya ya emang syirik, dosanya besar bahkan tak terampuni sama sekali… soal syirik bisa kunjungi disini: – http://www.kotasantri.com/mimbar.php?aksi=Cetak& – http://els.fk.umy.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=3314http://aida.ikider.de/index.php?option=com_content&task=view&id=20&Itemid=27 atau di situs, blog lainnya (“jgnlah kebencianmu pd arab/Islam membuatmu berkata sembrono dan tertutup dr Ilmu”, pelajarilah Islam:niscaya, sejuk, cerdas, bercahaya dan pasti selamat.

    Nasihat pd sesama:
    * hidup itu indah jika masih ada iman,
    * makin tebal iman, makin bahagia hidup kita, cara pandang kita sederhana namun jeli, teliri dan mengena. lidah akan dituntun pd perkataan baik, jalan ditunjukkan pd tmpt lurus-terpuji walau kita brjalan dg pejamkan mata.
    * Ponari adl Fenomena, bhw msyarakat kita sdg haus binaan, kering spiritual, shg latah perilakunya, media masa jgn berlebihan, insan medis jgn skedar tersinggung brsainglah dlm kebaikan dan pgabdian, ulama berbuatlah lbh byk, netter-bloggerer jgn buatlah apresiasi anda brmanfaat-ilmu bg sesama
    _thx.http://www.suryaalam_pras.blogspot.com

  53. masduky mengatakan:

    wuih, orang indonesia maunya hasil bagus tapi usaha pada klenik, apa kata dunia, masduq.b;ogspot.com

  54. monique mengatakan:

    Orang indo kan maunya instant2 kayak mie instant

  55. Kangmase mengatakan:

    Yang miskin dan yang kaya tidak jauh berbeda, yang miskin cari kesehatan dengan cara tidak masuk akal, yang kaya cari duit dengan cara tidak masuk akal (Feng Shui, Hong-Shui, Shui..shui….wis jan Shu….wiiiii tenen nunggu Indonesia Raya Gemah Ripah Loh Jinawi, Aman Tentrem Kerta Raharjo, Hangrukebi, Handarbeni, Tutwuri Handayani, Asah Asuh Asih….blh…blah..blah…..)

  56. Ustadz ilham mengatakan:

    Di ranah minang(sumbar-padang) jg ada dukun sakti, namanya bustanul. Bnyk Org2 minang yg menyembah beliau. Itulah sebabnya ranah minang sering dpt ‘hadiah’ gempa, longsor dan bencana2 alam lain.

  57. Zulkifli mengatakan:

    Orang minang sembah ponari saw

  58. punaryo mengatakan:

    di tempatku malah ada batu ajaib tapi tidak dicelupkan
    tapi dijilat hayo siapa mau jilati batu….

    OTAK UDANG ….. SYIRIK….. MUSYRIK….

  59. rianop mengatakan:

    wah PABRIKAN OREO BAKAL TUTUP Kalah ama batu jilat rasa coklat ,,,,,,,,,wuehhhhhhhhhhhhhhhhh
    sembu tidak terserah egak susah2 ngefans emang Ponari itu tuhan ……. engak soj suci tapi kembali ke fitri

  60. Alfa5 mengatakan:

    saya kira sosok ponari membawa pembelajaran bahwa orang cilik mampu berbuat “besar” shg para pembesar harus memperhatikan scr lebih besar kehidupan wong cilik walo cah cilik sekalipun.

  61. izal mengatakan:

    sebuah batu saja bisa begitu dahsyatnya,apalagi yang membuat batu itu ya?!.kebayang gak tuh kekuatan penciptanya?! apapun yang Allah SWT,ciptakan yang ada di bumi ini pasti ada manfaatnya,termasuk batu ponari. klo menurut aq batu hanyalah sebuah benda/media,yang mungkin oleh Allah SWT diberikan sebuah kelebihan,yang tidak dimiliki oleh batu2/benda2 ciptaan-Nya yang lain.ini adalah salah satu bukti kekuasaan-Nya.

  62. Hendry Bahar mengatakan:

    MPo’nari bapakmu sakit,,kok gak bs km sembuhin,,,,gw Qra ini akalan2 org tuk mencari uang,…Plus orang2 yg kurg pgetahuan mw az di akalin….Plus yg lg bc jg bego knp g ksh komen…Hehe…Peace…

  63. yantigobel mengatakan:

    Ulasan bagus. Kunjungan balik ya ke blog saya: http://yantigobel.wordpress.com

  64. nagaya mengatakan:

    Tenang men!!!!yang penting ponari sedang nari karena dapat hp baru dan pake kartu mentari…ponari no hp kirimi aku dong…..

  65. ramayana mengatakan:

    bagaimana carannya kawin

  66. ada dech mengatakan:

    behhww…

    anag kecil ud jadi jutawand?

  67. Abdul Honi mengatakan:

    boleh aku minta air dari dukun cilik ponari, aku lagi sakit, tolong dong!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: