SISTEM KAMPANYE AS DATANGKAN DANA BAGI OBAMA

Kampanye pemilu di Indonesia baik legislatif, presiden, gubernur, sampai pilktuwo (pilihan Kamituwo/Kepala Dusun) pasti menguras dana. Selain dana dari pemerintah, dana dari kantong pribadi ikut terkuras. Kampanye caleg misalnya, mulai dari hari pertama kampanye dan seterusnya sampai saat coblosan, berapa banyak uang keluar “sebagai modal”. Padahal ada kemungkinan tidak jadi, mau cari kemana sebagai ganti uang kembali. Apabila jadi, sejujur apapun calegnya, ada terbersit rasa ingin “balik modal”. Ini ciri yang nampak dalam beberapa kampanye pemilu di Indonesia.

Di Amerika masalah diatas beda dengan di Indonesia. Kehebohan terpilihnya Obama dibarengi dengan sukses masuknya pundi-pundi dana kampanye ke “kantong” kubu Obama. Ibarat sebuah panitia, lebih banyak dana dari donator daripada dana untuk kegiatannya, sehingga panitia untung.

Selama masa kampanye karena kehebatannya sebagai orator ulung, keunggulan program yang ditawarkan & konsistennya dalam kampanye, kaum pemilih Obama punya niatan sendiri berusaha agar kampanye sukses & mendulang masa sebanyak mungkin. Mereka bahu-membahu korban tenaga & dana, meski sedikit nominalnya tapi besar dalam skala nasional AS. Sumbangan dana individu ini menurut pengamat termasuk besar dibanding rivalnya John Mc Cain, dan disebut sebagai calon presiden pengumpul dana kampanye terbesar sepanjang sejarah pemilu di AS.

Antara penyumbang besar & penyumbang kecil (ekonomi pas-pasan), prosentase perbanyak diperoleh dari para penyumbang kecil. Sehingga pada intinya Obama sebagai ‘calon yang dicoblos” tidak begitu banyak keluar dana dan justru suksesnya banyak dibantu dana dari para pencoblosnya.

Sekali lagi beda dengan kampanye pemilu di Indonesia, mayoritas calon yang dicoblos habis-habisan menghamburkan dana dan tanpa ada sumbangan dana dari calon pencoblosnya, justru para pencoblosnya mengharapkan untuk diberi dana. Ironisnya lagi kaum pencoblos di Indonesia punya semacam doktrin ancaman “apabila tidak diberi dana tidak akan mencoblos”. Bagi mereka yang penting “kualitas dananya” daripada “kualitas calonnya”. Maka jangan salahkan calonnya ketika sudah jadi berupaya agar “modal dana’ harus kembali.

Memang negeri AS beda dengan Indonesia, tapi apa salahnya fenomena “sukses dana kampanye Obama” dijadikan pelajaran….!!!!!

Satu Balasan ke SISTEM KAMPANYE AS DATANGKAN DANA BAGI OBAMA

  1. sultan mengatakan:

    mantap se7 bangget… bror

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: